Pages

Sabtu, 12 November 2011

PENGENALAN NATIONAL CENTRE FOR BIOTECHNOLOGY INFORMATION (NCBI)


NCBI (National Centre for Biotechnology Information) merupakan suatu institusi yang menyediakan sumber informasi terkait mengenai  perkembangan biologi molekuler. NCBI membuat database yang dapat diakses oleh publik dan mengembangkan software penganalisis data genom serta menyebarkan informasi biomedical yang kesemuanya diharapkan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang proses-proses molekuler yang mempengaruhi manusia dan kesehatannya,serta menyangkut databes nukleotida merupakan suatu koleksi sekuen dari beberapa sumber termasuk diantaranya Gen Bank, Reference Sequence (Refseq), dan Protein Data Bank (PDB)
NCBI dapat di akses melalui : www.ncbi.nlm.nih.gov, dan ada beberapa menu yang disediakan oleh NCBI yang populer antara lain BLAST, Pubmed, Pubmed central, Gene, Genome, Nucleotide, Protein dan SNP.
Salah satu tools yang tersedia dalam situs NCBI ini adalah BLAST. BLAST (Basic Local Alignment Search Tool) adalah suatu program untuk pencarian kemiripan sekuen (sequence similarity) dan merupakan alat dalam identifikasi gen serta karakter genetik. Blast dapat melakukan pencarian sekuen melalui perbandingan dengan database DNA dalam waktu singkat (kurang dari 15 detik).
Ada 5 program utama dalam BLAST, yaitu :
a. nucleotide blast (blastn) : membandingkan suatu sekuen nukleotida meragukan (query sequence) yang kita miliki dengan database sekuen nukleotida.
b. protein blast (blastp) : membandingkan suatu sekuen asam amino yang kita miliki dengan database sekuen protein.
c. blastx : membandingkan produk translasi konsep 6frame sebuah sekuen nukleotida (translated nucleotide) yang kita miliki dengan database sekuen protein.
d. tblastn : membandingkan suatu sekuen protein yang kita miliki dengan database sekuen nukleotida yang secara dinamis ditranslasi pada semua pembacaan 6 frame,dan
e. tblastx : membandingkan suatu translasi 6 frame dari nukleotida.

0 komentar:

Posting Komentar